APKG 1
Alat Penilaian Kemampuan Guru
(Kemampuan Merencanakan
Pembelajaran)
Nama
Guru :
NIP
:
Sekolah
:
Mata
Pelajaran :
Standar
Kompetensi (SK) :
Kompetensi
Dasar (KD) :
Materi
Pokok :
Kelas/Semester
:
Alokasi
Waktu :
Tanggal :
No
|
Aspek Yang Dinilai
|
Skala/skor
|
Total
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|||
1
|
Perumusan
Indikator Pencapaian/ tujuan pembelajaran
|
||||||
a.
Kejelasan dan kelengkapan cakupan rumusan
|
|||||||
b.
Kesesuaian dengan KD
|
|||||||
c. Kesesuaian banyaknya indikator
pencapaian dengan alokasi waktu
|
|||||||
2
|
Pengorganisasian Pengalaman
Belajar /kegiatan belajar siswa
|
||||||
a.
Variasi perumusan pengalaman belajar siswa
|
|||||||
b. Perumusan pengalaman belajar
sesuai dengan indikator pencapaian
|
|||||||
c. Lavel perumusan pengalaman
belajar siswa sesuai dengan Indikator pencapaian
|
|||||||
3
|
Pengorganisasian Materi
Pembelajaran
|
||||||
a. Pemilihan Materi
Pembelajaran sesuai dengan indicator pencapaian
|
|||||||
b.
Sistematika dan urutan materi pembelajaran
|
|||||||
c. Materi Pembelajaran
sesuai dengan karakteristik siswa
|
|||||||
4
|
Pendekatan dalam
Pembelajaran
|
||||||
a.Kesesuaian Pendekatan (Strategi/metode)
pembelajaran dengan pengalaman belajar yang dirancang
|
|||||||
b. Kesesuaian Pendekatan (Strategi/metode)
pembelajaran dengan materi pembelajaran
|
|||||||
c.Variasi Pendekatan (Strategi/metode)
pembelajaran yang dirancang
|
|||||||
5
|
Kesesuaian Sumber/ Media
Pembelajaran, dengan :
|
||||||
a.
Pencapaian indicator pencapaian
|
|||||||
b.
Materi Pembelajaran
|
|||||||
c.
Karakteristik siswa
|
|||||||
6.
|
Ketepatan dan kesesuaian
Rancangan Langkah-langkah pembelajaran
|
||||||
a.
Rancangan langkah
pembelajaran meliputi : tahapan peterlibatan siswa (engagement),
eksplorasi, elaborasi, konfirmasi dan penilaian/ evaluasi
|
|||||||
b. Ketepatan dan kesesuaian
isi rancangan setiap langkah Pembelajaran dengan materi pembelajaran
|
|||||||
c. Ketepatan dan kesesuaian
isi rancangan setiap langkah Pembelajaran dengan pengalaman belajar yang dirancang
|
|||||||
7
|
Penilaian hasil belajar
|
||||||
a. Kesesuaian teknik penilaian
dengan indikator pencapaian
|
|||||||
b.
Rancangan penilaian proses
|
|||||||
c.
Rancangan penilaian produk
|
|||||||
8
|
Penunjang
|
||||||
a.
Kebersihan dan kerapian persiapan
|
|||||||
b.
Ketepatan penggunaan bahasa tulis
|
|||||||
Skor Total APKG 1
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar