Kepada Mahasiswa Baru Angkatan 2013, Silahkan mengisi data EPSBED dengan lengkap

Selasa, 08 Januari 2013

Instrumen Penilaian Guru



APKG 1
Alat Penilaian Kemampuan Guru
(Kemampuan Merencanakan Pembelajaran)
Nama Guru                            :
NIP                                         :
Sekolah                                   :
Mata Pelajaran                      :
Standar Kompetensi (SK)     :
Kompetensi Dasar (KD)       :
Materi Pokok                         :
Kelas/Semester                       :
Alokasi Waktu                       :
Tanggal                                  :

No
Aspek Yang Dinilai
Skala/skor
Total
1
2
3
4
5
1
Perumusan Indikator Pencapaian/ tujuan pembelajaran







a. Kejelasan dan kelengkapan cakupan rumusan







b. Kesesuaian dengan KD







c. Kesesuaian banyaknya indikator pencapaian dengan alokasi waktu






2
Pengorganisasian Pengalaman Belajar /kegiatan belajar siswa







a. Variasi perumusan pengalaman belajar siswa







b. Perumusan pengalaman belajar sesuai dengan indikator pencapaian







c. Lavel perumusan pengalaman belajar siswa sesuai dengan  Indikator pencapaian






3
Pengorganisasian Materi Pembelajaran







a. Pemilihan Materi Pembelajaran sesuai dengan indicator pencapaian







b. Sistematika dan urutan materi pembelajaran







c. Materi Pembelajaran sesuai dengan karakteristik siswa






4
Pendekatan dalam Pembelajaran







a.Kesesuaian Pendekatan (Strategi/metode) pembelajaran dengan pengalaman belajar yang dirancang







b. Kesesuaian Pendekatan (Strategi/metode) pembelajaran dengan materi pembelajaran







c.Variasi Pendekatan (Strategi/metode) pembelajaran yang dirancang






5
Kesesuaian Sumber/ Media Pembelajaran, dengan :







a. Pencapaian indicator pencapaian







b. Materi Pembelajaran







c. Karakteristik siswa






6.
Ketepatan dan kesesuaian Rancangan Langkah-langkah pembelajaran







a. Rancangan langkah
pembelajaran meliputi : tahapan peterlibatan siswa (engagement), eksplorasi, elaborasi, konfirmasi dan penilaian/ evaluasi







b. Ketepatan dan kesesuaian isi rancangan setiap langkah Pembelajaran dengan materi pembelajaran







c. Ketepatan dan kesesuaian isi rancangan setiap langkah Pembelajaran dengan pengalaman belajar yang dirancang






7
Penilaian hasil belajar







a. Kesesuaian teknik penilaian dengan indikator pencapaian







b. Rancangan penilaian proses







c. Rancangan penilaian produk






8
Penunjang







a. Kebersihan dan kerapian persiapan







b. Ketepatan penggunaan bahasa tulis







Skor Total APKG 1